Perbedaan Bitmap dan Vektor

PERBEDAAN BITMAP DAN VEKTOR

No.
Perbedaan
Bitmap
Vektor
1.
Pengertian
Objek gambar yang dibentuk berdasarkan titik-titik dan kombinasi warna.
Objek gambar yang dibentuk melalui kombinasi titik-titik dan garis, atau kurva.
2.
Kelebihan
·         Mampu menangkap nuansa warna dan bentuk yang natural.
·         Lebih cepat dan lebih sesuai untuk ditampilkan ke layar monitor, karena gambar bitmap dapat ditransfer secara langsung dari file ke layar monitor Anda.
·         Pemakaian memori pada prosessor lebih kecil.
·         Dapat ditambahkan efek khusus tertentu sesuai keinginan. 
·         Dapat menghasilkan objek gambar dari objek gambar Vektor dengan cara mudah dan cepat, mutu hasilnya pun dapat ditentukan.

·         Ruang penyimpanan untuk objek gambar lebih efisien.
·         Objek gambar dapat diubah ukuran dan bentuknya tanpa menurunkan mutu tampilan (scalable).
·         Dapat dicetak pada resolusi tertinggi dalam printer
·         Menggambar dan menyunting bentuk vektor relatif lebih mudah dan menyenangkan
·         Memiliki ukuran file yang kecil, lebih mudah dan lebih cepat didownload melalui Internet.
·         Dapat diubah dalam berbagai tampilan tiga dimensi dengan menggunakan software yang sesuai.
·         Mempunyai warna-warna yang solid, cocok untuk bentuk-bentuk gambar sederhana, seperti logo, kartun, dan sebagainya.

3.
Kekurangan
·         Perubahan ukuran gambar (pembesaran dan pengecilan) mempengaruhi kualitas gambar.
·         Ukuran file gambar relatif besar.
·         Bila gambar diperbesar dari ukuran aslinya, maka gambar akan pecah.
·         Efek yang diidapat dari objek berbasis Bitmap yakni akan terlihat pecah atau berkurang detailnya saat dicetak pada resolusi yang lebih rendah atau lebih tinggi.
·         Kurang dapat menampilkan gambar dan gradasi secara realistis atau natural.
·         Pemakaian prosessor yang memakan memori lebih banyak sehingga komputer bekerja menjadi lebih lambat. 
·         Tidak dapat menghasilkan objek gambar yang prima ketika melakukan konversi objek gambar tersebut dari format Bitmap.
4.
Jenis file (*ekstensi)
*jpg, *pcx, *gif, *tif, dan *bmp
*wmf, *swf, *svg, *eps, *cdr dan *ai
5.
Program aplikasi
Adobe Photoshop, Corel Photopaint, Microsoft Photo Editor dan Macromedia Fireworks.
CorelDraw , Macromedia Free hand, Adobe Illustrator dan Micrografx Designer.
6.
Gambar


 ___Semoga bermanfaat ya______
____Barakallaah ^^_____



Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN PRAKTIKUM BIOTEKNOLOGI PEMBUATAN YAKULT

Praktikum Biologi-Respirasi

Laporan Praktikum Kimia Titrasi Asam Basa